Minggu, 15 Mei 2011

belajar menyelami "Indahnya Rencana ALLAH"

Siapa sih hidupnya yang gak pernah sedih? Ga pernah ada masalah? Lempeeeng aja terus tanpa ada liku ataupun tikungan menurunnya ? Pasti gak ada kaaaan?

Tau gak kenapa? Soalnya ALLAH udah ngasih tau secara lembut ke kita :
” Dan Kami pasti mengujimu dengan sesuatu, berupa ketakutan dan kelaparan, berkurangnya harta benda, jiwa dan buah2an,tapi sampaikanlah kabar gembira bagi orang2 yang sabar” ( Al-Baqarah(2); 155)

Tunggu2 , Nabi Muhammad kita tercintapun mengingatkan looh :
” Kesulitan akan terus menimpa laki2 dan perempuan beriman, melalui tubuh, keluarga dan harta mereka , sampai mereka menemui Allah tanpa dibebani satu dosapun” (HR.Tarmidzi)


Kalian pernah gak sih kepikiran "loh kok ALLAH malah ngasih kita kesulitan sih?"

Ternyata oh ternyata nih ya cemanceman, kesulitan alias ujian alias apapun itu baik yg menyenangkan maupun tidak, memang sudah dirancang sedemikian rupa oleh ALLAH, itu justru jadi lahan aktualisasi diri kita loooh. Inget firman ini kaan ?
"Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?" (QS Al-Ankabut : 2)

Jadi jelas deh yaa sekarang, atau masih ada yg ragu? Nih ditambahin deh biar makin teguh keyakinannya :
” Allah itu tiada membebani seseorang kecuali sesuai kemampuannya” silakan dicek deh dlm kumpulan ayat cinta ALLAH, Al-Qur'an surah Al-Baqarah (286)

ALLAH Tidak hanya berjanji bahwa cobaan2 itu adalah cobaan2 yang sanggup kita hadapi, tapi juga, klo kita bersabar menghadapinya dengan senyum dan ikhlas, ada hadiah istimewa loooh yg dipersiapkan untuk kita.
” Tiada seorang muslim tertusuk duri atau yang lebih dari itu, kecuali Allah swt menaikkan derajatnya atau menghapuskan dosanya” (HR. Muslim).

Jadi, berapapun beban yang sudah atau akan mendatangi kita, insyaAllah kita pasti sanggup menghadapinya, tak masalah! Hadapi masalahnya, rebut hadiahnya ! Uyeeee~h ! :D

"tapi klo kita salah menyingkapinya gimana? Gimana klo ujian itu justru menghanyutkan kita? Gimana klo kita ngerasa ga sanggup ngelaluiin itu semua? Gimana coba ?"

Tenang cemanceman ! memang mayoritas manusia adalah manusia practical, yg baru akan mengerti ketika merasakannya sendiri. jd saya bs paham garis besar dr poin yg ini..
coba yuuk sama2 kita cerna kata2 kutipan note saya tempo lalu ini :
" kita tak akan paham maksud kata 'bangkit' jika tak pernah merasakan 'terjatuh', mungkin tak ada yg 'bersih' jika kita tak mengetahui bagaimana 'kotor' itu , sama seperti, kita tak pernah tau yg mana yg 'benar' jika tak pernah ada yg melakukan 'kesalahan' .
mungkin kita pernah terjatuh , mungkin baju itu pernah kotor
mungkin kesalahan begitu sering kita lakukan.
tapi jangan biarkan itu tetap seperti itu tanpa perbaikan.
jangan biarkan kau tetap terjerembab dilubang tanpa pernah berusaha berdiri
jangan biarkan baju tetap kotor tanpa dibersihkan
dan jangan biarkan kesalahan mendominasi kehidupanmu
ingatlah, selalu ada cara untuk memperbaikinya
karena stiap kerusakan selalu diikuti dengan perbaikan
jadi, jangan takut terjatuh, jangan takut kotor, jangan takut salah
sebab 'pengalaman hidup akan mengajarkan banyak hal padamu' "

"hemm kalo malah kepengennya ngeluh terus gimana?"

kayaknya itu dia ya yg menjadi masalah utama.
jadi gini , kita itu jangan terlalu terburu-buru melakukan penilaian, cemanceman!
numpang ngutip dr note saya dahulu kala (ngutip mulu kayanya ya :P) :
"Kita hanya mempunyai sepotong cerita. Hidup ini datang sepotong-sepotong.
Hidup ini begitu luas, namun Anda menilai seluruh hidup berdasarkan satu halaman atau satu kata.
Tidak ada yang tahu apakah itu berkah atau kutukan.
Tidak ada yang cukup bijaksana untuk mengetahui. Sebab hanya ALLAH yang tahu.
'pasti ada makna dibalik setiap kejadian. pahamilah dan kau akan mengerti maksud indah Allah'



pernah denger kisah ini gak ?
kisah tentang wortel telur dan biji kopi.
Masing-masing menunjukkan reaksi yang berbeda setelah dipanaskan berikut dengan air.
- Wortel yang kelihatannya kuat dan keras setelah dimasukkan air mendidih menjadi lunak dan lemah.
- Telur yang tadinya mudah pecah, yang kulitnya berfungsi untuk melindungi cairan didalamnya menjadi keras / padat setelah dimasukkan ke dalam air mendidih.
- Biji kopi adalah yang unik setelah dimasukkan ke dalam air mendidih ia merubah air tersebut.

singkat cerita wortel , telur dan biji kopi itu adalah ragam alternatif menyingkapi masalah hidup looh cemanceman, yuk kita tela'ah yuuk :D

- wortel, ternyata kelihatannya kuat tapi dengan sakit dan kesulitan , ia menjadi lemah dan kehilangan kekuatan
- telur, yang awalnya dengan hati yang penurut tetapi berubah oleh panas , selaras spt org yg mempunyai semangat yang mengalir tapi setelah ada kematian, kehancuran, kesulitan finansial atau cobaan lain lalu menjadi diri yg keras dan kaku. seperti telur yg ternyata dari luar kelihatannya biasa saja, tetapi didalamnya keras dan menyedihkan.
- sedangkan biji kopi. Biji Kopi itu sungguh merubah air panas, suatu keadaan yang membuat sakit. Waktu air menjadi panas, lalu kopi mengeluarkan rasa dan aroma yang harum. ternyata biji kopi, ketika masalah menjadi sangat buruk, ia bisa menjadi lebih baik sekaligus merubah situasi sekitar.

cobe di cek and ricek , di tipekal mana selama ini kita menyingkapi masalah?
apakah seperti wortel ? telur ? atau biji kopi ? hihihi


Woh! Jangan kabur gitu aja doong cemanceman, baca dulu kesimpulannya , biar bisa diterapkan lgsg dlm keseharian ! :D

Kesimpulan dr tulisan ini secara garis besar adalah :
1. ALLAH memberi kita peringatan sedari awal mengenai jenis2 cobaan ( harta benda, keluarga, tubuh, kelaparan, ketakutan)
2. ALLAH mengatakan kita tak perlu cemas, krn cobaan2 itu tidak akan sesuatu yang tidak sanggup kita tanggung, sekaligus berjanji untuk setiap kesulitan yang kita hadapi insyaAllah Dia akan menaikkan derajat kita bahkan menghapus dosa kita jika kita sabar dlm menghadapinya!
3. Kita tidak boleh sertamerta menarik kesimpulan atas perkara kehidupan. “pasti dan selalu ada makna dibalik setiap kejadian. pahamilah dan kau akan mengerti maksud indah Allah.."
4. Ada 3 alternatif untuk menghadapi masalah, pakai caranya wortel yg melemah karena ditimpa mslh, ada telur yg mengeras karena terkontaminasi masalah yg terjadi atau jadi spt biji kopi yg bisa merubah masalah menjadi panggung untuk aktualisasi diri ?
Subhanallah, memang, terbukti sudah bahwa ALLAH mamang Maha Pengasih terhadap hambaNYA.

Dan, seharusnya kita paham..
jika kita sungguh2 percaya bahwa Allah adalah Perencana Terbaik dan segala rancanganNYA luar biasa jg indah, maka kita harus sungguh2 yakin bahwa Allah lah yang paling tau, jadi tidak seharusnya kita merasa cemas setitikpun..
Sebab ALLAH sangat menyayangi hamba-Nya dan ALLAH tidak bisa tidak menepati janji-Nya, iya kan ? :))

"Sungguh menakjubkan perkaranya orang yg beriman, krn segala urusannya adl baik baginya. Dan hal yg demikian itu tdk akan terdapat kecuali hanya pada orang mu'min: Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, krn (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yg terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, krn (ia mengetahui) bahwa hal tsb merupakan hal terbaik bagi dirinya" (HR. Muslim)


____
materi mentoring bahja, 03122010 .
mohon maaf jika terdapat banyak kesalahan, karena saya pun masih belajar
silakan beri kritik saran dan masukan yg bermanfaat .
terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar