Minggu, 15 Mei 2011

dua hal yg berbeda namun beriringan.

Selama ini saya mengira bahwa kesedihan -kebahagiaan, kematian-kehidupan, dsb berjalan bertolak belakang tetapi ternyata dua hal tersebut berjalan berdampingan bahkan beriringan..
Inilah yang menjadi alasan kenapa bisa ada senyum setelah kesedihan, airmata terurai menyusul stlh bersenang2 dg hal yg fana, bahkan ini jg yg menjadi alasan bagaimana manusia bisa menangis sekalipun dalam senyuman (kebahagiaan), begitu jg sebaliknya..

Jadi, jangan takut tidak akan pernah merasa bahagia, tidak usah khawatir akan kehabisan stok bahagia, sebab kebahagiaan selalu beriringan dengan kesedihan. 

“La Tahzan Innallaha Ma Ana” –jangan bersedih. sesungguhnya ALLAH bersama kita.
Jangan jg terlalu congak menggangkat kepala seakan-akan kehidupanmu penuh dg kesenangan, kita memang diharuskan untuk selalu menumbuhkan perasaan bahagia tapi tidak dengan kesombongan, bahagialah dg sederhana. Sematkan motto “berbagi ceria dimana aja” . :)


Sama seperti kematian dan kehidupan, sebenarnya selama ini kematian mengikuti perjalanan hidup kita dan kelak pada saatnya nanti , dia akan membawa kita kembali kepadaNYA. Kembali kepada Pemilik kita yang sebenarnya, yang memiliki hak paten atas segala sesuatu didunia ini , ALLAH.

“katakanlah sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya , maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada ALLAH, yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan” (Q.S Al-Jumu’ah 62:8)


Mungkin saja semua hal yang selama ini kita anggap bertolak belakang ternyata berjalan seirama.. ( Nah kan, jd bertambahlah lagi deh bukti yg menegaskan bahwasanya manusia penuh keterbatasan, bahkan dalam urusan pengetahuan.. :P )

“Dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit" (QS. Al isra' : 85)

Saya pribadi menganalogikan pendapat ini dengan koin yang selalu punya dua sisi, gambar dan angka. Jika kehilangan salah satu sisinya, ia tidak bisa dikatakan sebuah koin. Ya, harus ada kedua sisi baru memiliki nilai. Hiduppun juga begitu, semua yg bertolak belakang pada dasarnya beriringan , pada dasarnya saling monyokong. Hanya karena nampak berbeda, lantas dikatakan bertolak belakang, padahal tidak selalu begitu. 


catatan : Memang tidak ada yg dapat menghalangi seseorang dr kesan yg timbul dalam benaknya, namun akan lebih baik jika menela'ah lebih dekat sebelum menyimpulkan. Sebab jika kamu hanya menilai sesuatu hanya dari pengelihatanmu, maka akan kau temui banyak kekeliruan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar